Home » » Solusi Berlibur Alternatif di Benteng Portugis Jepara

Solusi Berlibur Alternatif di Benteng Portugis Jepara

Solusi Berlibur Alternatif di Benteng Portugis Jepara
PINTU GERBANG

JEPARA, Pada tahun 1619, kota Jayakarta / Sunda Kelapa dimasuki VOC Belanda, dan saat ini Sunda Kelapa yang diubah namanya menjadi Batavia dianggap sebagai awal tumbuhnya penjajahan oleh Imperialis Belanda di Indonesia. Benteng Portugis di Desa Banyumanis, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, dilihat dari struktur fondasi dan bentuk benteng cederung pada karakter benteng buatan Portugis. Tapi karakter dari tembok benteng merupakan karakter benteng VOC.

Menurut beberapa hasil penelitian yang lakukan beserta sejarawan dari dalam dan luar negeri menyimpulkan, benteng yang kini dikenal dengan benteng Portugis itu sejatinya adalah benteng VOC. Dimana dalam catatan sejarah, waktu itu posisi Portugis di Jawa terdesak oleh kehadiran VOC. “Belanda banyak membangun benteng-benteng pararel di kawasan pantai utara Jawa untuk mengamankan jalur laut mulai dari Batavia (Jakarta) sampai Gresik,” paparnya.

Benteng Portugis terdapat di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo atau 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara Jawa Tengah Indonesia. Jalan untuk menuju Benteng Portugis dapat ditempuh dengan jalan aspal yang sedikit berlubang, baik melalui kota Jepara ataupun dari kota Pati  melalui kecamatan Dukuh seti atau kecamatan  Tayu.
Diatas Benteng Portugis terdapat meriam replika

 Adapun Fasilitasnya :

  1. Kawasasan Benteng
  2. Rumah Portugis
  3. Rumah Makan
  4. Penginapan
  5. Mushala
  6. Area Parkir
  7. Pantai
Harga Tiket Rp.3500,- dan Parkir sepeda Motor Rp.1000,- dan mobil pribadi Rp.5000,- Mini Bus Rp.15000,- dan Bus Pariwisata Rp.25000,-
Sudut Pandangan Sebelah Selatan

 

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment