Home » » CINTA TANAH AIR

CINTA TANAH AIR


Description: http://alexfernandesmen.files.wordpress.com/2011/10/image272.jpg?w=320&h=240YAYASAN TARBIYATUL ISLAMIYAH MIFTAHUL HUDA
MI. MIFTAHUL HUDA
Jln. Makam Sunan Mantingan Tegalsambi Tahunan Jepara59422 Telp. 08282657084
Email :  MI_MHTegalsambi@yahoo.co.id
CINTA TANAH AIR
ا لسلام عليكم ...........
الحمد لله رب العا لمين وبه نستعين على امورالدنيا والدين والصلاة والسلام على اشرف المرسلين سيدنا ومولانا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين. لا حول ولاقوة الا بالله العلي العظيم.

Yang terhormat bapak/ibu dewan juri lomba pildacil yang saya hormati
Para bapak/ibu yang saya hormati
Teman-temanku Peserta Pildacil yang saya cintai
dan tidak lupa kepada bapak/ibu guru Mi.Miftahul Huda yang selalu di rahmati Allah.

Hadlirin wal Hadlirot Rohimahumullah
                Tiada kata-kata yang pantas kita ucap melainkan kata Puja dan Puji Syukur kita kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah Nya Kepada kita semua sehingga kita  sampai saat ini kita masih dapat menjalankan  ibadah puasa dalam keadaan sehat wal afiat Allahumma Amin....
                Sholawat  beserta salam marilah kita haturkan kepangkuan beliau baginda Rasulillah Nabi Muhammad SAW Nabi panutan umat nabi pemberi syafaat kelak yaumil qiyamah.  Dengan bacaan                                     للهم صل علي سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد                                         
Mudah-mudahan kita termasuk umatnya yang nantinya akan mendapatkan Syafaatul udzmah kelak pada Yaumil Qiyamah . Amin .....
                Saya disini akan menyampaikan tausiah tentang Keberkahan Ramadlan, namun sebelum ketopik yuk kita preteli sedikit tentang berkah dan Ramadhan.



Iman itu ada 79 Cabang.
Bersabda Rosululloh SAW. : “ Iman itu ada tujuh puluh sembilan cabang. ” Dan satu cabang dari Iman adalah  Cinta Tanah Air .
: “ Cinta Tanah Air adalah bagian dari Cabang Iman. ” (Attarbiyyah Wal ‘Adaabiys syar’iyyah / bab : 8 / hal. 24 )
 • Mengapa Cinta kepada Tanah Air adalah merupakan bagian dari iman ?
• Mengapa dihubungkan dengan Iman ?
 • Bukankah Iman itu persoalan agama ?
 • Dimanakah letak hubungannya ?
Tentu saja pertanyaan-pertanyaan seperti itu terlintas pada fikiran kita. Karena di dalam ajaran Islam Rukun Iman adalah : Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat-malaikat Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah, Rosul-rosul Allah, Hari kiamat, dan iman kepada Qada dan Qadar. 
            Sedang “Hub” adalah cinta, dan “Al-Wathon” adalah campurnya Tanah dan Air. Itu adalah materi. Artinya Hubbul Wathon adalah : Cinta materi.
Kemudian apakah Cinta materi itu bagian dari Iman ?
 Bukankah Cinta materi itu adalah kepalanya seluruh kejelekan ?
(Hubbud dunya ro’su kulli khothiiatun) ?
 Lalu dimanakah hubungannya Cinta Tanah Air dengan Iman itu ?

Teman-temanku Peserta Pildacil yang saya cintai
            Pokok Pangkal Agama Islam adalah : IMAN. Jadi Cinta Tanah Air itu adalah berhubungan dengan Pangkal Agama. Berikut adalah di antara hubungannya. Dihubungkan dengan jalan “SYUKUR”
1.      Di dalam Al-Qur’an surat : Luqman ayat :14, Allah Ta’ala berfirman : “Dan Kami wasiatkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dengan payah di atas kepayahan, dan menyapihnya dalam waktu setelah dua tahun. Bersyukurlah kepada Ku dan kepada ibu bapakmu, hanya kepada Ku lah kamu kembali.”
2.      Di dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 14 : “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada orang tuamu”
3.      Di dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 36 : “Dan beribadahlah kamu kepada Allah, dan janganlah kamu syirik kepada-Nya akan sesuatu, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak”.
Dan masih banyak lagi dasar-dasar Qur’an yang menyebutkan soal Syukur pada Allah dan kedua orang tua. Kemudian perlulah juga kita melihat Hadist Rosululloh yang diriwayatkan oleh Imam Thobroni : Bersabda Rosululloh SAW. : Hendaklah jaga dirimu dari bumi, maka sesungguhnya bumi itu ibumu, dan sesungguhnya tiadalah seorang yang berbuat di atasnya baik atau buruk, melainkan ia (ibu bumi) menceritakan perbuatan orang.” (Keterangan dari shohabat Robi’ah dalam kitab Jaami’us Shoghir – hal.117)
 Kalau kita perhatikan dengan fikiran yang jernih beberapa ayat di atas, menunjukkan betapa pentingnya peranan orang tua dalam soal Keimanan. Setiap Allah perintah Syukur, di belakang ayat itu dibarengi dengan syukur kepada kedua orang tua. Dan kita juga diperintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua kita. Maka jelaslah bahwa perintah syukur kepada orang tua adalah perintah fondamental di bawah satu tingkat dengan perintah syukur kepada Allah Ta’ala
Dan perintah berbuat baik kepada orang tua sekalian adalah perintah prinsip di dalam agama Islam, setingkat di bawah perintah Tauhid kepada Allah Ta’ala.
Kemudian Rosul bersabda bahwasannya “Bumi” itu juga “ibu” bagi manusia. Adalah mengartikan bahwa sesungguhnya bagi manusia itu mempunyai dua ibu dan dua bapak. Ibu manusia dan bapak manusia, ibu bumi dan bapak langit. “Dia adalah lebih mengetahui kepadamu, ketika kamu ditumbuhkan dari bumi, dan ketika kamu wujud janin di dalam perut ibumu”. ( Surat : Najm – ayat 32 )
Perintah berbuat baik kepada orang tua kita adalah sudah jelas dan berulang kali di sebutkan dalam Al-Qur’an. Maka kita sebagai orang Islam wajib pula melaksanakannya kalau kita memang betul percaya, beriman kepada Allah. Bumi ( Tanah dan Air ) adalah juga orang tua kita. Maka jika dikatakan berbuat baik pada orang tua kita adalah bagian dari Iman (karena itu adalah perintah Allah Ta’ala), maka dapatlah dipastikan berbuat baik pada ibu bumi kita ( Tanah Air ) adalah juga bagian dari Iman. Jadi Cinta Tanah Air bagian dari Iman itu benar adanya.
Cukup sekian dari saya apabila ada kekurangan dan kekhilafan saya mohon maaf sebesar-besarnya


 اخر الكلام والله الموفق الى اقوام الطريق والسلام عليكم............

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment