Home » , » PENGERTIAN BMT " HIMPUNAN BMT NASIONAL "

PENGERTIAN BMT " HIMPUNAN BMT NASIONAL "




PENGERTIAN BMT

sEKARANG INI BANYAK MASYARAKAT YANG MENABUNG DI BERBAGAI BANK MICRO KECIL DAN MENENGAH. KALIMAT BMT BANYAK DIBICARAKAN AKAN TETAPI BANYAK DIANTARA KITA  BELUM TAHU APA ITU BMT ?

nAH.......DIBAWAH INI KITA MENGKAJI PENGERTIAN AAPA ITU BMT ?
LANGSUNG SAJA KE TKP.......

Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) adalah lembaga  gabungan dari dua fungsi yaitu : Baitul Mal dan baitul tamwil (rumah dana & rumah usaha) Baitul mal sudah berkembang sejak zaman Nabi Muhammad SAW sebagai lembaga yang bertugas untuk mengumpulkan sekaligus membagikan (tashoruf) dana sosial, seperti zakat, infak dan shodaqoh (ZIS). Sedangkan baitu tamwil merupakan lembaga bisnis keuangan yang berorientasi laba.

BMT memiliki visi, misi yang bertujuan meningkatkan kualitas ibadah anggota khususnya, sebagai wakil-pengabdi Allah dalam memakmurkan kehidupan ekonomi masyarakat pada umumnya. Ibadah dalam hal ini berarti luas dalam segala aspek kehidupan, demi mewujudkan sebuah pola kehidupan sosial masyarakat yang adil dan makmur, khususnya dalam hal kesejahteraan ekonomi.

BMT merupakan sebuah usaha bisnis. Dengan begitu, BMT dikelola secara profesional sehingga mencapai tingkat efiiensi ekonomi tertentu, demi mewujudkan kesejahteraan anggota, seiiring penguatan kelembagaan BMT itu sendiri. Pada sudut pandang sosial, BMT (dalam hal ini baitul mal) berorientasi pada peningkatan kehidupan anggota yang tidak mungkin dijangkau dengan prinsip bisnis. Stimulan melalui dana ZIS akan mengarahkan anggota untuk mengembangkan usahanya, untuk pada akhirnya mampu mengembangkan dana bisnis.

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment