Home » » ARTI LAMBANG AMBALAN RADEN ABDUL JALIL & RORO AYU MAS SEMANGKIN SMK MA’ARIF TEGALSAMBI

ARTI LAMBANG AMBALAN RADEN ABDUL JALIL & RORO AYU MAS SEMANGKIN SMK MA’ARIF TEGALSAMBI


  1. BINTANG melambangkan Lima Sila Pancasila
    BANTUK PRISAI SEGI LIMA Mempunyai makna filosofis Melambangkan rukun Islam (Sahadat, Sholat, zakat, puasadanHaji )
  2. RODA / GERIGI selain melambangkan bahwa SMK Ma’arif Tegal samba adalah sekolah tekhnik, roda/gerigi juga melambangkan suatu mekanisme kerja atau kehidupan yang berfungsi sebagai penggerak dan pengembang ambalan. Dan 10 gerigi itu berarti Dasa Dharma Pramuka yang mempunyai 10 butir dan harus diamalkan oleh anggota Pramuka SMK Ma’arif Tegalsambi.
  3. TALI YANG MELINGKAR YANG UJUNGNYA MEMBENTUK SIMPUL MATI melambangkan Persahabatan dan persaudaraan antar pramuka di seluruh dunia.
  4. GAMBAR BOLA DUNIA melambangkan tempat hidup, tempat berjuang, dan beramal di dunia ini dan melambangkan pula bahwa asal kejadian manusia itu dari tanah dan akan kembali ke tanah
  5. Logo OBOR yang Berkobar menyiratkan pesan yang sangat dalam. SEMANGAT dan MENERANGI serta berusaha terus jangan sampai padam (putusasa) selain itu Logo Obor adalah bentuk kebudayaan di DesaTegalsambi ( Perang Obor ).
  6. DUA BUAH TUNAS KELAPA yang berpasangan mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerakan Pramuka yang sedang membina dirinya sebagai mahluk pribadi, makhluk sosial dan makhluk Tuhan, menuju cita-cita bangsa yang tinggi, setinggi bintang di langit, untuk kemudian mengabdikan dirinya ke dalam dan keluar Organisasi Gerakan Pramuka.
  7. PADI DAN KAPAS melambangkan kesuburan di bidang pangan dan sandang.
  8. Pada pitabertuliskan “RADEN ABDUL JALIL “ adalah nama lain dari SYEKH SITI JENAR atau Sunan Jepara, beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di Tanah Jawa khususnya di Kabupaten Jepara. 
  9. Pada pita bertuliskan “RORO AYU MAS  SEMANGKIN“ adalah Puteri dari Sultan Prawoto yang ke-4.Beliau adalah anak  angkat  Ratu Kalinyamat dan menjadi“ Garwo Selir” dari “Panembahan Senopati”/ Sutowijoyo dari Kerajaan Mataram.
 

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment