Home » » VENUE GELARAN FESTIVAL BATIK DAN TENUN 2014 TROSO JEPARA JAWA TENGAH

VENUE GELARAN FESTIVAL BATIK DAN TENUN 2014 TROSO JEPARA JAWA TENGAH

Alun-alun Jepara, Sabtu sore hingga malam minggu (11/10) besok akan menjadi venue gelaran Festival Batik dan Tenun 2014. Dimaksudkan untuk mengangkat potensi ekonomi Kabupaten Jepara, panitia mengharuskan peserta hanya mengenakan batik atau tenun asal Jepara.

Ketua Panitia Drs. Hadi Priyanto, MM. mengatakan Festival Batik dan Tenun 2014 dilaksanakan sebagai kerja bareng tiga lembaga, yakni Pemerintah Kabupaten Jepara, SMK Negeri 2 Jepara, dan Lembaga Pelestari Seni Ukir, Batik, dan Tenun Jepara. Peserta Festival dibagi dalam 5 kategori yaitu tingkat PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK serta kategori umum/mahasiswa

“Akan ada ratusan peserta, maka waktu pelaksanaan penilaian kami bagi. Untuk kategori PAUD/TK/SD akan dilaksanakan jam 15.30 – 17.30 WIB. Sedangkan kategori SMP,SMA, dan Umum diadakan malam jam 19.00 – 23.00 WIB,” lanjutnya.

Untuk mematangkan persiapan akhir, panitia telah menutup pendaftaran sejak kemarin. “Khusus kategori umum/mahasiswa kami membuka kesempatan bagi peserta dari wilayah Jateng/DIY sepanjang mengenakan batik atau tenun asal Jepara. Tampilnya peserta luar Jepara saya harap memacu kreatifitas peserta dari Jepara. Penonton juga bisa melihat kreasi pakaian casual dan pakaian pesta kreasi para peserta sehingga kami harap dapat meniru penggunaannya dalam berbusana sehari-hari. Jika terjadi batik dan tenun akan semakin terangkat,” lanjutanya.

Di samping mendapatkan piagam penghargaan dan trophy Bupati Jepara, peserta akan memperebutkan hadiah uang pembinaan serta bingkisan dari sponsor. Uang pembinaan kategori TK/PAUD dan SD/MI, berturut-turut sebesar Rp. 400 ribu, Rp. 300 ribu, dan Rp. 200 ribu untuk Juara I sampai Juara III. Untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, besaran uang pembinaan menjadi Rp. 500 ribu, Rp. 400 ribu, dan Rp. 300 ribu. Sedangkan tingkat mahasiswa /umum, juara pada rentang yang sama mendapatkan hadiah Rp. 750 ribu, Rp. 600 ribu, dan Rp. 500 ribu dari sponsor termasuk dari Wakil Bupati Jepara.

“Pendamping dan penonton yang ingin menyaksikan festival ini, masih bisa membeli tiket VVIP dan VIP di Radio Kartini. Harganya Rp. 50 ribu dan Rp. 25 ribu”,
ujar Hadi Priyanto. 

(Sulismanto/bag humas jepara)

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment