Home » » Air Terjun Tempuran

Air Terjun Tempuran

Cholsproduction. – Air Terjun Tempuran terletak di Desa Bungu dukuh Tumut Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Selain air terjun Tempuran Desa Bungu Mempunyai beberapa Air terjun yaitu Air Terjun Nganjok, Air Terjun Suralaya. 

Destinasi wisata ini terletak di sebelah barat kaki Gunung Muria, dengan panorama alamnya yang masih alami. Tumbuh–tumbuhanya terlihat tumbuh subur  dengan dedaunan yang menghijau menghiasi alam sekitarnya. Ketinggian air terjun ini mencapai 10 meter dengan warna airnya jernih. Walau jarak yang ditempuh cukup jauh, namun tidak mengurangi keinginan para wisatawan datang ke tempat ini untuk melihat air terjun dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Shokib, salah satu pengunjung dari Kudus saat bertemu dengan awak Chols Production mengatakan, “walau rumah saya jauh di  Kota Kudus, karena saya penasaran dari informasi yang saya dengar dan saya lihat dari jejaring sosial, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu tentang air terjun Tempuran, saya bersama teman-teman melihat tempat wisata ini. Ternyata keindahannya memang luar biasa menakjubkan dan mempesona”.

Di tempat terpisah, awak Chols Production  menemui Shanto dan kawan-kawan  selaku  penggiat wisata ini kita fokus untuk menjadikan Dukuh Tumut sebagai dikuh desa wisata. Dengan menjadi wisata dukuh desa, perekonomian masyarakat diharapkan akan bisa terangkat. Untuk mengurangi pengangguran, kita memberdayakan teman-teman remaja yang tergabung agar bisa bekerja di tempat itu dan untuk memberikan fasilitas pemasaran produk pada pelaku UMKM”.

“Dinamakan Air Terjun Tempuran karena air terjun ini bersumber dari dua aliran sungai yang berbeda. Untuk mempermudah akses  jalan menuju air terjun pengelola menata jalan agar dilewati dengan mudah. Jarak tempuh dari Jalan Desa Bungu menuju tempat wisata kurang lebih 600 meter dari parkiran meter baru sampai kearah air terjun tersebut. 

Dengan adanya tempat wisata yang kita bangun, diharapkan ekonomi masyarakat akan terangkat, dan juga kami akan memperkenalkan kesenian jaranan yang akan kami kemas satu paket dengan kegiatan pengembangan wisata air tempuran ini, sehingga kesenian Ekonomi dari Desa Bungu ini akan lebih dikenal masyarakat luas”, 

Nilai Ekonomi yang di Jual di Desa Bungu antara lain: Kopi Deplok, Kopi Guo , Kopi Robusta serta hasil tanaman warga berupa Umbi-umbian, Pisang Byar, Sayur Rebung maupun buah Alpukat.

Dengan dijadikannya Air Terjun Tempuran sebagai wahana wisata alam mudah-mudahan berhasil sesuai progam yang sudah di rencanakan bisa berjalan dengan baik, lancar, sesuai  harapan. Kesejahteraan masyarakat Desa Bungu diharapkan lebih baik, lebih maju, ekonomi masyarakatnya juga lebih mapan. (CholsPro)

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

1 comments: