Home » , , » Kerajinan Rebana Troso dan Dan BateGede

Kerajinan Rebana Troso dan Dan BateGede

Kerajinan Rebana Troso dan Dan BateGede      

Bulan ini adalah bulan Mulud dimana kaum muslimin di seluruh dunia khususnya warga Nahdliyin  bergembira menyambut hari Lahirnya Nabi Kita Nabi MUHAMMAD SAW . Setiap habis magrib, isya  di tempat jama'ah2 banyak bergema alunan sholawat kepada Nabi Muhammad . Hal ini tidak lepas dari alat musik tradisional kebanggaan kaum muslimin yaitu Rebana. Alat Rebana ini banyak kita jumapai beberapa jenis bahkan sekarang banyak modifikasi ditanyan banyak seniman.
    
        Selain dikenal dengan Kota Ukir maupun Kota Kartini Jepara mempunyai beberapa aset yang banyak dikenal baik dari tenun Trosonya, Makanan khas Jepara Horog-horog, maupun Minuman khas Jepara Wedang Adon-adon Coro. 
       
Bahkan Desa Troso Sudah Terkenal dengan Kain tenunnya bahkan sudah pernah dipakai bapak Presiden RI Bambang Susilo Yudoyono yang warnanya biru. kalau anda ingin tahu kainnya  silahkan searche sendiri di internet.Selain Kain Trosonya desa Troso juga mempunyai Kerajinan Pembuatan Rebana. Desa Troso Merupakan salah satu sentra kerajinan terbang di Jawa Tengah. Rebana atau Terbang adalah alat musik tradisional yang biasa dimainkan para santri untuk mengiringi sholawat.

     Rebana bikinan Troso juga sudah diterbangkan keberbagai penjuru nusantara, bahkan Timur Tengah
Selain di desa Troso Pecangaan Jepara ada lagi satu desa pembuatan alat Tradisional ini yakni Di Desa Bategede Nalumsari Jepara 
Jika anda berminat silahkan Kontak Fb kami,

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment