Home » » HARLAH NU KE-90 KOTA JEPARA TAHUN 2014

HARLAH NU KE-90 KOTA JEPARA TAHUN 2014


Dari runtutan Harlah NU ke- 90 di Pendopo Kabupaten kemarin (26/5) yang dihadiri ratusan warga NU dari pengurus, Banon, Lajnah, MWC dan penabuh rebana dari kecamatan Bangsri mengisi kegiatan tersebut dengan Istighosah, sholawatan serta Tausiyah dari KH.Kamil Ahmad

H. Ahmad Marzuqi selaku Bupati Jepara terinspirasi dari rutinitas yang diadakan oleh Perguruan tinggi di Pati kota beliau Nyantri yang disampaikan pada pak Asyhari selaku ketua PCNU Jepara dan Alhamdulillah terlaksana

Sementara itu, Ketua PCNU Jepara, KH Asyhari Syamsuri dalam sambutannya mengungkapkan usia NU kini semakin tua. Karena itu NU harus bisa menyesuaikan dengan Jamaah maupun Jamiyyah. Disamping itu kiai Asyhari menghimbau agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Jepara akan menyelenggarakan peringatan Hari Lahir NU, dengan Pengajian Umum di Alun-Alun Jepara, Selasa (27/5) malam. Sebelum itu, ada serangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai pihak, utamanya keluarga besar NU.
"Peringatan Harlah NU adalah upaya untuk melawan lupa atas sejarah perjuangan NU dalam upaya memerdekakan bangsa dan negara Indonesia dari belenggu penjajahan," ujar Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Jepara KH Asyhadir Syamsuri.

Asyhari memaparkan, NU berdiri 16 Rajab 1344 H bertepatan  31 Januari 1926 M dengan bercirikan Jamiyah Keagamaan. Tiga tokoh utama yang membidani kelahirannya, Kiai Kholil Bangkalan Maruda, KH Muhammad Hasyim Asy’ari (Jombang,Jatim), dan KH Abdul Wahab Hasbullah.
Selain itu besok pagi (27/5) PCNU juga mengerahkan massa dari berbagai tingkatan pendidikan mulai dari MI, MTs, MA , MAK, Pondok pesantren bahkan Perguruan Tinngi NU UNISNU di Jepara  menggelar Karnaval untuk memeriahkan runtutan acara tersebut yang akan di laksanakan dari Start Alon-alon Jepara dan Finish alon-alon Jepara.

"Dalam kegiatan dan perjuangannya, ternyata bukan saja mengurus masalah-masalah keagamaan saja , melainkan juga mengurus permasalah ke kehidupan ummat islam dan bangsa Indonesia umumnya. Peran para ulama dan santri sangat besar dalam memerdekaka bangsa Indonesia dari penindasan penjajah," katanya.

Motivasi ulama mendirikan NU, Asyahri untuk  memelihara dan mengembangkan, serta memberi kebebasan orang Islam yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah dan berdasar salah satu madzhab yang empat (madzahibil ‘arba’ah).

Berkeinginan bekerja sama untuk mewujudkan kemaslahatan sebesar-besarnya bagi ummat Islam. Menanamkan dan terus mengobarkan semangat nasionalisme bagi terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

Harlah NU Kabupaten Jepara Mustaqim Umar mengatakan, harlah tahun ini adalah yang ke-91 berdasarkan kalender Hrijaiyah, dan ke-88 berdasarkan kalender Masehi. Selain Pengurus Cabang NU, organisasi /badan  NU, Muslimat NU, GP Ansor dan Banser, Fatayat NU,  IPNU dan IPPNU, serta lembaga-lembaga yang membidangi urusan-urusan tertentu, semua saling bahu-membahu. Tutur Ki Ageng Ganjur selaku Ketua Panitia 

Maka dari itu kita sebagai warga Nahdliyin mari merapatkan barisan walau sekedar menonton acara besok pagi seperti admin hehehehehehe

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment