Home » » WISATA JEPARA KOTA BATU JEPARA

WISATA JEPARA KOTA BATU JEPARA

WISATA JEPARA KOTA BATU JEPARA. Disebut kota batu atau Watuaji atau Batu Berharga karena di desa ini terdapat peningalan-peninggalan batu2 raksasa pada masa prasejarah .
Peninggalan tersebut terletak dideretan tebing.sekitar daerah aliran Sungai pedot yang berupa tumpukan Batu yg unik. selain itu di desa tersebut ada Air terjun grenjengan dg ketinggian kurang lebih 50 meter.

wisata kota batu berada di desa watuaji kecamatan keling atau berjarak 30 km dari pusat kota Jepara.

Dari batuan tersebut ada yang menyerupai Tembok yang masayarakat setempat menyebutnya Watu Gebyok , ada yang menyerupai Tiang Penyangga Rumah yang disebut dengan Watu Soko,ada Tumpukan Batu Batu Tumpuk,ada juga yang menyerupai Payung dsb.

Cerita masyarakat desa watuaji  batuan tersebut adalah  peninggalan wali songo. Wali Songo pernah ingin membuat masjid di desa ini pembuatan masjid tersebut perencanaan pembangunannya hanya dalam satu malam,akan tetapi mengalami kegagalan yang dikarenakan pada malam itu bertepatan dengan bulan purnama sehingga pada waktu subuh sudah seperti pagi hari. 

Ayam-ayampun berkokok dan masyarakat pada waktu itu bangun untuk melaksanakan aktifitas hariannya. melihat hal tersebut para Wali yang membangun Masjid tersebut gagal menyelesaikanya. sehinga meninggalkan tumpukan batu.

Sebagian masyarakat juga ada yang menyebut batu2 tersebut merupakan candi2 peninggalan ratu sima yg memimpin kerajaan kalingga. karena letak desa tersebut yg berada di wilayah keling, yang dahulunya merupakan kerajaan kalingga. Namun hingga sekarang cerita2 tersebut belum bisa di buktikan kebenarannya karena belum ada yg meneliti tentang batu-batu unik tersebut.

Disparbud kabupaten Jepara merencanakana tempat tersebut akan di buka sebagai objek baru yang ada di Jepara

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment