Home » , » CEKBENG RAMAIKAN HUT KLENTENG HIAN TIANG SIANG TEE WELAHAN JEPARA

CEKBENG RAMAIKAN HUT KLENTENG HIAN TIANG SIANG TEE WELAHAN JEPARA


CEKBENG  RAMAIKAN HUT  KLENTENG HIAN TIANG SIANG TEE WELAHAN JEPARA

     
     


Warga Tiong Hoa Jepara Mengadakan Arak Arakan / Karnaval tentunya yang mengikuti arak-arakan pastilah khusus warga keturunan China.  Hal ini saya ketahui dari sebuah kabar malam di sebuah fanspage lokal di kota kami yakni kota Jepara karena runtutan CEKBENG ini sudah sehari sebelumnya. Pertama yang membuat saya tertarik itu sebuah foto yang di uplaod di fanspage tersebut yang  mana sedang ada pementasan atraksi Barong Shae.

MENGISI HARI LIBUR

Hari senin tepatnya tanggal 31 Maret 2013 menepati Hari libur Nasional  Hari Raya Nyepi. Untuk mengisi hari libur kali ini sudah kami rencanakan sejak kemarin hari jumat . Awalnya liburan ini bersama rekan – rekan Operator Sekolah tetapi semuanya sangat saya sayangkan. Tak Pupus harapan saya mengontak teman-teman dan Alhamdulillah ada 10 orang yang jadi berangkat menemani liburanku.Ketertarikanku akan dengan Cekbeng karena seumur Hidup Baru kali ini saya belum pernah menyaksikannya dan ini pertama kalinya.





HUT  Klenteng Hian Tiang Siang Tee Welahan dipadati oleh masyarakat sekitar gang pertigaan Pasar Welahan. Selain itu warga Tionghoa dari berbagai daerah seperti Bekasi, Medan, Semarang, Jakarta dan Banten juga ikut meramaikan acara disana. Pentas barongsai menghibur masyarakat yang datang

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

    Kelenteng Hian Thian Siang Tee merupakan kelenteng tertua di Indonesia. Hal ini dapat diruntut dari sejarahnya di Wikipedia. Sampai di Welahan (pasca banjir) aku menyusuri jalanan Pasar Welahan untuk menuju kelenteng. Walau aku orang Jepara, tapi baru kali ini aku mengunjungi kelenteng Hian Thian Siang Tee tersebut. Sempat beberapa kali tanya orang setempat akhirnya aku sampai juga di kelenteng Hian Thian Siang Tee.

Kelenteng ini ternyata sepi, walau hari Imlek tapi tidak begitu ramai. Setelah aku bertanya ke beberapa orang di dalam kelenteng ternyata acaranya Imleknya sudah berlangsung malamnya. Aku meminta ijin untuk sekedar mengabadikan beberapa sudut kelenteng tertua di Indonesia ini. Aroma dupa masih begitu terasa saat aku memasuki kelenteng ini, sayang aku hanya diperbolehkan mengambil gambar bagian luarnya saja. Sedangkan bagian dalam yang tertutup oleh tirai tidak diperkenankan karena privasi.


Begitu aku keluar dari Kelenteng Hian Thian Siang Tee, ternyata aku diberi tahu beberapa orang kalau didekat sana juga ada kelenteng. Aku langsung tertarik dan mengunjunginya. Ternyata memang ada bangunan yang mirip dengan kelenteng Hian Thian SiangTee. Hanya saja, ini lebih kecil dan berbentuk seperti pendopo. Didepan gapura masuk ada tulisannya “Gerbang Damai Sejahtera”. Aku mulai bertanya kepada penjaganya, ternyata bangunan yang pertama kali dibangun bukanlah kelenteng Hian Thian Siang Tee, melainkan sebuah bangunan kecil di depan tempat ini.

Bangunan kecil ini awalnya dibangun untuk ritual ibadah orang-orang Tinghoa, dan sampai sekarang pun masih dipakai. Komplek bangunan kelenteng ini tidaklah berjauhan, antara kelenteng Hian Thian Siang Tee dengan banguan satu hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Dan lokasinya tepat berada ditengah-tengah pasar Desa Welahan, Jepara. Jadi cukup bisa diakses dengan berjalan kaki dari jalan raya.

Bagaimana tertarik untuk mengujungi kelenteng Hian Thian SiangTee? Atau mau sekedar berakhir pekan bermain ke kelenteng ini? Ya mungkin kelenteng ini kalah pamor dengan kelenteng Ceng Ho di Semarang atau kelenteng-kelenteng lain di Indonesia. Tetapi kelenteng Hian Thian Siang Tee ini adalah yang tertua di Negeri kita. Tetap saja ada keunikan dan cerita tersendiri kalau kita bisa mengunjungi kelenteng ini.

Berikut Oleh-Oleh Dari Sana

TEMPAT –TEMPAT  WISATA JEPARA


Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment