Home » , , , » USTADZ HARIRI VS KANG ENTIS SYARAT PENDAKWAH

USTADZ HARIRI VS KANG ENTIS SYARAT PENDAKWAH



Menjadi seorang penceramah bukanlah hal gampang akan tetapi seorang penceramah haruslah bisa memenuhi syarat syarat tertentu. Hal ini sangat ramai di perbincangkan seorang penceramah Ustadz Hariri yang Hebohnya di dunia maya tentang video berdorasi sekitar 3 menitan bahwa seorang ustadz Hariri yang begitu santainya didepan hadlirin dalam pengajiannya yang sedang marah bahkan seakan akan video tersebut menginjak kepala seorang operator sound yang namanya Kang Entis...

Berikut Video seakan akan Ustadz Hariri Menginjak Kepala Sang Entis
http://www.youtube.com/watch?v=Nzyhs6Sp6zc


Untuk menanggapi hal tersebut marilah kita belajar apa itu dakwah dan bagaimana syarat syarat pendakwah?

Dakwah adalah ibadah yang sifatnya tauqifiyah, maka dalam berdakwah tidak diperkenankan melakukan inovasi dan kreasi cara-cara dakwah yang menyelisihi sunnah. Selain itu juru dakwah hendaklah membekali dirinya dengan ilmu tentang apa yang ia dakwahkan serta mempunyai pemahaman yang benar dan pasti tanpa keraguan, ilmu tentang kondisi umat yang akan ia dakwahi, dan ilmu tentang adab-adab berdakwah. Juru dakwah yang hanya bermodal semangat  dan keberanian tanpa ilmu akan membahayakan dirinya dan obyek dakwahnya. Dalam hadits yang mengisahkan pembunuh 99 orang yang hendak bertaubat, rahib yang ahli ibadah menjadi korban ke-100 karena telah berfatwa tanpa ilmu. Dalam hadits yang mengisahkan salah seorang sahabat yang bocor kepalanya dan meminta fatwa mandi junub, terbunuh oleh fatwa wajibnya mandi yang disampaikan oleh orang yang berfatwa tanpa ilmu. Oleh karenanya bukanlah sebuah aib apabila juru dakwah mengatakan TIDAK TAHU untuk hal-hal yang dia belum menguasai ilmunya.
Nah... ini syarat menjadi pendakwah.......
Syarat menjadi pendakwah-oelh AAgymnastiar ada 4 yaitu :
1. Ada Ilmu,
2. Ilmu itu di amalkan, Ilmu diciptakan untuk memandu amal- Jika tidak di amal jadi fitnah
3. Ikhlas- bukan untuk membangun nama atau populariti- hanya untuk mengagungkan Allah dan bukan membesarkan diri bukan untuk orang mengkagumi kita- Hidup untuk Dakwah bukan Dakwah untuk mencari hidup- Aagymnastiar.
4. Tauhid- bersihnya hati dari kemusyrikan - Orang yang berdosa tetapi yakin pada Allah lebih baik dari orang yang baik tapi tidak yakin pada Allah eg orang Musyrik.
Karena dakwah adalah mengajak, maka hendaknya dilakukan dengan hikmah kebijaksanaan dan memberi kemudahan bukan kesulitan agar manusia mendekat kepada agama Allah bukan menjauhinya. Semoga Allah memberi petunjuk.

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment