Home » , » LAMPION PESTA BARATAN 2014

LAMPION PESTA BARATAN 2014

LOMBA KARNAVAL LAMPION PESTA BARATAN 2014

                        Sebelum ke tema marilah kita ucapkan Alhamdulillah karena kalimat tersebutmerupakan ungkapan rasa syukur saya karena telah dilahirkan di negeri yang banyak budaya khususnya di kota tercinta Jepara. Saya bersyukur karena di tanah Jepara meskipun kota kecil dan pinggiran tetapi kota kami ini kota yang tanpa sepi dari wisata asing. Karena Kota Jepara adalah kota tujuan penikmat Ukiran dunia.Meskipun dijuluki kota ukir kota Jepara mempunyai beberapa unggulan budaya diantaranya Perang Obor, baratan, sepak bola api, serta masih banyak lainnya. Selain itu Jepara juga mempunyai beberapa tempat wisata yang di unggulkan seperti Karimun Jawa, Pantai Kartini dan Pantai Bandengan.

Tempat –Tempat  Wisata Jepara






TENTANG PESTA BARATAN

            Adalah salah satu tradisi masyarakat Jepara berupa arak-arakan lampion (impes) setiap 15 Sya'ban atau 15 hari sebelum Puasa Ramadhan, dan erat kaitannya dengan jaman Ratu Kalinyamat saat berkuasa yang pada waktu itu konon terjadi saat menyambut iring-iringan rombongan yang membawa jenazah Sultan Hadlirin suami sang Ratu yang  wafat dan masyarakat banyak membawa impes / lampion sepanjang jalan sebagai kehormatan dan terjadi bertepatan dengan Nisfu Sya'ban. Kata “baratan” berasal dari sebuah kata Bahasa Arab, yaitu “baraah” yang berarti keselamatan atau “barakah” yang berarti keberkahan.
           
            Tradisi Pesta Baratan dilaksanakan setiap tanggal 15 Sya’ban (kalender Komariyah) atau 15 Ruwah (kalender Jawa) yang bertepatan dengan malam nishfu syakban. Kegiatan dipusatkan di Masjid Al Makmur Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan mengingat di sana merupakan masjid tertua dan masih ada peninggalan pada masa Ratu Kalinyamat. Biasanya Setelah shalat maghrib, umat islam desa setempat tidak langsung pulang. Mereka tetap berada di masjid / musholla untuk berdo’a bersama. Surat Yasin dibaca tiga kali secara bersama-sama dilanjutkan shalat isya berjamaah. Kemudian memanjatkan doa nishfu syakban dipimpin ulama / kiai setempat, setelah itu makan (bancaan) nasi puli dan melepas arak-arakan.

            Kata puli berasal dari Bahasa Arab : afwu lii, yang berarti maafkanlah aku. Puli terbuat dari bahan beras dan ketan yang ditumbuk halus dan dimakan dengan kelapa yang dibakar atau tanpa dibakar. setelah shalat isya, di laksanakan karnaval arak-arakan lampion dan simbolis Ratu Kalinyamat berjalan menurut rute yang di tentukan. biasanya terdapat teatrikal dan tari setelah karnaval berlangsung. hampir sepanjang jalan ribuan penonton memadati jalan dan semaraknya acara arak-arakan membuat macet Jalan raya Gotri - Jepara untuk beberapa jam. Pesta Rakyat yang cukup di nantikan oleh segenap masyarakat dengan tujuan nguri-nguri budaya dan saling berbahagia untuk menyambut bulan Puasa Ramadhan, karena masyarakat disana mayoritas muslim.

            Acara ini terselenggara oleh Lembayung Production, yaitu komunitas yang terdiri dari anak-anak muda sekitar daerah Jepara dan Kalinyamatan yang bergerak untuk pelaksanaan acara Pesta Baratan sejak Tahun 2004 hingga sekarang. 


AGENDA ACARA
Acara yang akan kami selenggarakan pada bulan Juni ini, meliputi :

1. Pemilihan Ratu Kalinyamat dan Para Dayang Pesta Baratan 2014.
2. Doa Nisfu Sya’ban di Masjid Al Makmur Kriyan
3. Arak-arakan Baratan serta Lomba Karnaval Lampion Pesta Baratan 2014
4. Pentas Teatrikal Ratu Kalinyamat

 
Audisi Pemilihan Pemeran Ratu Kalinyamat dan Dayang 
Pesta Baratan 2014

Syaratnya :

1.     Pelajar / Mahasiswa usia 15 – 21 tahun
2.     Fotogenik, cerdas dan proporsional (tinggi badan minimal 160 cm)
3.     Mengerti sejarah pesta Baratan dan Ratu Kalinyamat
4.     Mengisi formulir pendaftaran via online ke www.pestabaratan.com
5.     Mengirimkan foto terbaik close up/ potrait (non editing) 1 buah, dilampirkan saat       pendaftaran online
6.     Pendaftaran gratis dibuka mulai 1 April – 20 April 2014
7.     Tahap seleksi :
            a.  Seluruh peserta mengikuti seleksi awal, dimana akan dipilih oleh juri 10 finalis
    b. 10 finalis yang lolos akan dihubungi lewat sms dan diumumkan di website www.pestabaratan.com
       c.       10 finalis wajib hadir pada seleksi tahap kedua di gedung NU Kriyan (depan Masjid Al Makmur), pada hari minggu 27 April 2014 pukul 14.30 WIB untuk mengikuti seleksi Ratu dan Dayang.
8.   Pemenang akan mendapatkan :        
                          1. Piala pemeran Ratu
                          2. Piala pemeran Dayang
                          3. masing-masing finalis mendapatkan  piagam pesta Baratan


Lomba Karnaval Lampion Pesta Baratan 2014

Syaratnya :
1.      Peserta adalah pelajar SMP/SMA/Mts/M.A/SMK (sederajat)
2.      Jumlah peserta maksimal 10 orang per kelompok
3.      Peserta wajib membawa lampion dalam bentuk apapun ( Jumlah Lampion Bebas ).
4.      Pendaftaran :
5.      Mendaftarkan kelompok via SMS ke nomor 081325633335 (Syihab)
6.      Mengisi formulir pendaftaran (terlampir) untuk daftar ulang dan diserahkan paling lambat saat Technical Meeting tanggal 29 Mei 2014 pukul 09.00 WIB, di Pendopo Kec. Kalinyamatan
7.      Biaya pendaftaran gratis
8.      Teknis penilaian :
9.      Kreatifitas bentuk lampion
10.  Kostum karnaval
11.  Kekompakan peserta
12.  Penghargaan :
13.  Pemenang juara I, II dan III mendapatkan piala Bupati Jepara
14.  Pemenang juara I, II dan III mendapatkan piagam
15.  Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

            Sumber: I love Jepara & http://www.pestabaratan.com

Demikian informasi yang saya berikan semoga bermanfaat untuk semua warga Jepara khususnya serta umumnya kepada penikmat wisata dan pecinta budaya Indonesia. MaJulah Jeparaku Majulah budaya Negaraku. Eits… tapi luweh penting jo lali kencengi Agamane

Thanks for reading & sharing Mukholis

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment